Sunday, June 2, 2019

DNS (Domain Name System)


A.      Apa Itu DNS ?
Domain Name System atau yang biasa disingkat dengan DNS adalah sebuah sistem yang memiliki fungsi untuk menterjemahkan alamat IP ke nama domain atau sebaliknya, dari nama domain ke alamat IP. DNS berguna untuk melakukan komunikasi data di jaringan internet yang sangat luas.
B.      Fungsi DNS ?
DNS tentunya memiliki fungsi tersendiri dalam jaringan internet. Di antaranya:
a.       Melakukan identifikasi alamat komputer dalam suatu jaringan : setiap komputer yang terhubung dengan internet pasti memiliki alamat IP tersendiri. Dengan adanya DNS, maka jaringan internet kemudian dapat memetakan komputer tersebut sebagai bagian kecil yang terhubung dalam jaringan.
b.      Melakukan pendataan server email : DNS akan memonitoring data-data dari setiap kali server mail bekerja baik untuk menerima atau meneruskan sebuah email.
c.       Mentranskripsikan nama domain menjadi IP address : tiap website di internet memiliki domain tersendiri, seperti .com, .org, .id, dan sebagainya. DNS dapat menerjemahkan domain menjadi IP Address dan sebaliknya.
C.      Cara Kerja DNS Seperti Apa?
Ketahui dulu ini:
1.       DNS Resolver: DNS resolver melakukan pencarian pada data cache yang sudah dibuat oleh resolver untuk menyimpan hasil permintaan sebelumnya. Jika ada, maka data itu kemudian disimpan dalam data cache lalu hasilnya diberikan dan selesai.
2.       Recursive DNS Server: adalah pihak yang melakukan pencarian melalui DNS berdasarkan permintaan resolver, kemudian memberikan jawaban pada resolver tersebut.
3.       Recursive DNS server: adalah pihak yang melakukan pencarian melalui DNS berdasarkan permintaan resolver, kemudian memberikan jawaban pada resolver tersebut.
Baik, kalo udah tahu.. berikut cara kerjanya:
-          DNS Resolver melakukan pencarian alamat host pada file HOSTS. Jika alamat host yang dicari sudah ditemukan dan diberikan, maka proses selesai.
-          DNS Resolver melakukan pencarian pada data cache yang sudah dibuat oleh esolver untuk menyimpan hasil permintaan sebelumnya. Jika ada, maka data itu kemudian disimpan dalam data cache lalu hasilnya diberikan dan selesai.
-          DNS resolver melakukan pencarian pada alamat server DNS pertama yang telah ditentukan oleh pengguna.
-          DNS resolver melakukan pencarian pada alamat server DNS pertama yang telah ditentukan oleh pengguna.
-          DNS resolver melakukan pencarian pada alamat server DNS pertama yang telah ditentukan oleh pengguna.
-          Apabila masih tidak ditemukan, pencarian dilakukan dengan menghubungi server DNS lain yang masih terkait dengan server yang dimaksud. Jika sudah ditemukan kemudian disimpan dalam cache lalu hasilnya diberikan ke client (melalui web browser).


Universitas Kuningan

No comments:

Post a Comment