Sunday, June 2, 2019

Media Jaringan

Media komunikasi dalam jaringan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu media komunikasi kabel dan media komunikasi nirkabel/tanpa kabel.
Adapun macam-macam media komunikasi dalam jaringan, sebagai berikut:
A.      Media Transmisi Terpandu (Berkabel)
1.       Twisted-Pair Cable

Kabel ini terdiri dari kawat tembaga yang dipelintir menjadi pasangan. Kabel jenis ini hadir dalam 2 bentuk, yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dan Unshielded Twisted Pair (UTP) yang diproduksi dengan berbagai variasi untuk berbagai macam scenario.
2.       Coaxial Cable
Digunakan secara luas dalam kabel televise, gedung-gedung perkantoran, dll. Kecepatan transmisi data berkisar antara 200 juta hingga 500 juta bit per detik.
3.       Fiber-Optic Cable
Digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Kelebihan serat optic kapasitas transmisi yang besar, daya lebih sedikit dibutuhkan. Kekurangannya biaya mahal, perlu prosedur khusus, dan perbaikan yang kompleks.
B.      Media Transmisi Unguided (Nirkabel/Wireless)
1.       Gelombang Mikro
Microwave adalah gelombang radio yang berpotensi pada frekuensi tinggi dan banyak digunakan pada system jaringan MAN. Keuntungannya adalah perolehan antar menara dan bisa membawa data dalam jumlah besar, biaya murah karena setiap antenna menara tidak memerlukan lahan yang besar. Kelebihan gelombang mikro sangat rentan terhadap cuaca seperti hujan.
2.       Satelit
Fungsi utamanya adalah menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke arah lain. Satelit mengorbit di ketinggian 36.000 km. Manfaat satelit lebih murah daripada menggulung kabel antar benua.
3.       Inframerah
Biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat dengan kecepatan 4Mbps. Dalam penggunaannya untuk remote control. Kelebihannya mudah dipasang, fleksibel, dan kemananan lebih tinggi daripada gelombang radio. Kekurangannya jarak yang terbatas dan akan terganggu jika terkenan sinar matahari.

No comments:

Post a Comment